• Jelajahi

    Copyright © indik.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Jasa Raharja Dorong Transformasi Layanan Publik Melalui Sinergi Kesamsatan di Anev Pelayanan Regident 2025

    www.indik.id
    11/14/2025, 15:19 WIB Last Updated 2025-11-14T08:19:47Z

    Indik . id Bandung, 12 November 2025 - Jasa Raharja menegaskan komitmennya dalam

    memperkuat kolaborasi lintas instansi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,

    melalui kehadiran dalam 'Analisis dan Evaluasi (Anev) Pelayanan Registrasi dan Identifikasi (Regident) Tahun 2025' yang diselenggarakan oleh Korlantas Polri di Bandung, Jawa Barat, pada 12-13 Nov 2025. 

    Kegiatan tahunan ini menjadi ajang bagi seluruh pemangku kepentingan untuk

    meninjau kinerja pelayanan Kesamsatan nasional serta merumuskan arah kebijakan

    dan inovasi pada masa mendatang. 


    Jasa Raharja, sebagai salah satu stakeholder

    dalam layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), menyoroti

    pentingnya kolaborasi berkelanjutan antara Polri, Bapenda, dan Jasa Raharja dalam

    mewujudkan pelayanan publik yang semakin modern, cepat, dan inklusif.


    Dalam sambutannya, Plt. Direktur Utama Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana menyampaikan bahwa SAMSAT merupakan wujud nyata kolaborasi lintas lembaga dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat.


    "Sebagaimana kita ketahui bersama, SAMSAT merupakan bentuk kolaborasi yang

    baik antara Polri, Bapenda, dan PT Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan publik

    kepada masyarakat. Hingga saat ini, terdapat 2.125 Kantor Bersama Samsat yang

    tersebar di seluruh Indonesia, melayani proses registrasi kendaraan, pemungutan

    PKB dan BBNKB, serta pengutipan SWDKLLJ," ujar Dewi.


    Dewi juga menyoroti hasil survei terhadap lebih dari 40 ribu wajib pajak yang

    menunjukkan bahwa faktor kemampuan finansial masih menjadi kendala utama dalam

    kepatuhan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib

    Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Karena itu, menurutnya, perlu upaya bersama untuk menghadirkan kebijakan yang lebih adaptif dan mendorong kepatuhan

    sukarela.


    Berdasarkan data hingga Oktober 2025, tingkat kepatuhan wajib pajak terhadap

    pembayaran PKB dan SWDKLLJ tercatat sebesar 53,41 persen dari potensi

    keseluruhan. Di sisi lain, digitalisasi layanan menunjukkan perkembangan positif,

    dengan pertumbuhan transaksi melalui Samsat Online sebesar 22,22 persen, dan

    aplikasi SIGNAL meningkat 26,56 persen secara tahunan (YoY). 

    Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa salah satu upaya yang dibahas dalam kegiatan ini adalah penyederhanaan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor.


    "Hari ini kita punya semangat yang sama bahwa bagaimana membayar pajak itu

    semudah membeli pulsa. Ini semangat pelayanan secara intergrated SAMSAT

    termasuk juga penegakan hukum yang sudah bertransformasi dengan ETLE. Jadi 95

    persen penegakan hukum dengan ETLE dan 5 persen penegakan hukum dengan

    tilang manual," tegas Agus.


    la menambahkan bahwa dengan terlaksananya rapat koordinasi dan rapat teknis ini, diharapkan semua pihak dapat mengedepankan pelayanan masyarakat, baik dari Polri, Korlantas, SAMSAT, dan Jasa Raharja. Ini adalah esensi dan semangat

    kebersamaan yang terangkum dari kegiatan Anev dan Rakernis tersebut.


    Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja dan sinergi antarinstansi, Jasa Raharja

    juga memberikan penghargaan kepada sejumlah Polda terbaik dalam pelaksanaan

    program kerja Kesamsatan, termasuk kategori Peningkatan Keterisian Data, Digitalisasi Pembayaran Samsat, dan Sosialisasi Kesamsatan, serta kategori Pelopor

    Implementasi Penghapusan Regident Ranmor.


    " berharap penghargaan ini menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran untuk

    terus berinovasi, memperkuat kolaborasi, dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi

    masyarakat," tutur Dewi.


    Kehadiran Jasa Raharja dalam kegiatan Anev Regident 2025 menjadi wujud

    komitmen perusahaan untuk terus berperan aktif dalam memperkuat sinergi lintas

    sektor, sekaligus mempercepat transformasi layanan publik yang terintegrasi dan

    berorientasi pada masyarakat. 


    Melalui kolaborasi dengan Polri, Bapenda, dan seluruh pemangku kepentingan, Jasa Raharja berupaya mewujudkan pelayanan Kesamsatan

    yang semakin modern, profesional, dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

    ( Heri M red )  

    Terkini