• Jelajahi

    Copyright © indik.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dukung Target Zero ODOL 2027, Jasa Raharja Hadir pada Sosialisasi dan Normalisasi Kendaraan ODOL di Jawa Timur

    www.indik.id
    12/23/2025, 10:57 WIB Last Updated 2025-12-23T03:58:15Z

    Indik . id Jakarta, 19 Desember  Pada 2025, persoalan kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) kembali menjadi sorotan nasional karena dampaknya terhadap meningkatnya risiko kecelakaan lalu lintas, kerusakan infrastruktur jalan, serta terganggunya keselamatan pengguna jalan. 


    Sebagai dukungan terhadap upaya

    penanganan ODOL di Jawa Timur, Jasa Raharja menghadiri Kegiatan Sosialisasi dan

    Normalisasi Kendaraan ODOL Tahun 20F25 yang diselenggarakan Balai Pengelola

    Transportasi Darat (BPTD) Kelas Il Jawa Timur pada Selasa, 16 Desember 2025 di

    Gedung Tani Puspo Agro, Sidoarjo, Jawa Timur.


    Acara tersebut dihadiri Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Korlantas Polri lrjen Pol. Drs. Agus Suryonugroho, S.H., M.Hum., Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Dr. Drs. Aan Suhanan, M.Si., serta perwakilan lembaga yang menjadi stakeholder transportasi darat, seperti Jasa Raharja, PT Jasa Marga (Persero),

    Asosiasi Karoseri Indonesia, Organisasi Angkutan Darat, dan lainnya.


    Kehadiran pemerintah, kepolisian, dan para stakeholder, termasuk Jasa Raharja, mencerminkan komitmen negara hadir dalam memastikan keselamatan masyarakat

    sekaligus memperkuat kualitas pelayanan publik di sektor transportasi.


    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi dalam sambutannya menegaskan bahwa

    kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal menuju target besar Indonesia Zero

    ODOL 2027. la juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung agenda nasional tersebut.


    "Target utamanya adalah mencapai Indonesia Zero ODOL pada tahun 2027. Pencapaian ini bertujuan untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkeselamatan dan berkeadilan, sekaligus memperkuat sistem logistik nasional. Kegiatan ini diharapkan tidak berhenti di sini, tetapi terus berlanjut hingga 2027 dengan komitmen bersama seluruh stakeholder," ujar Dudy.


    Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan kesiapan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung program Zero ODOL.


    "Jawa Timur siap membangun koordinasi dan efektivitas program Zero ODOL dengan

    target 2027. Normalisasi ODOL penting untuk mewujudkan tata kelola transportasi yang aman dan lancar, meningkatkan keselamatan masyarakat, serta mengurangi kerusakan jalan. Sinergi lintas sektor, termasuk dengan pelaku usaha dan karoseri, menjadi kunci agar efisiensi dan produktivitas dapat tercapai," ungkapnya.


    Pada kesempatan tersebut, Plt. Direktur Utama Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana

    mewakili perusahaan menerima sertifikat penghargaan dari Menteri Perhubungan

    atas dukungan terhadap program penanganan ODOL.


     Penghargaan serupa juga diberikan kepada Korlantas Polri, Gubernur Jawa Timur, dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan kolaborasi dalam penguatan tata kelola transportasi.


    Dewi menegaskan bahwa penanganan kendaraan ODOL berkontribusi langsung

    terhadap peningkatan keselamatan berkendara dan pengguna jalan.


    "Kendaraan yang tidak sesuai ketentuan dimensi dan muatan berpotensi menimbulkan risiko serius bagi para pengguna jalan. Karena itu, Jasa Raharja mendukung penuh

    langkah-langkah normalisasi kendaraan ODOL sebagai bagian dari upaya membangun sistem transportasi yang lebih aman," ujar Dewi.


    la menambahkan, sebagai penyelenggara asuransi kecelakaan, Jasa Raharja terus

    memperkuat kolaborasi lintas sektor agar perlindungan kepada masyarakat dapat

    berjalan optimal, mulai dari pencegahan hingga penanganan saat kecelakaan lalu

    lintas terjadi.


    Melalui dukungan terhadap acara ini, Jasa Raharja terus memperkuat perannya dalam

    mendorong keselamatan berkendara dan memberikan perlindungan optimal kepada

    masyarakat. 


    Komitmen melayani sepenuh hati diwujudkan melalui kolaborasi berkelanjutan dengan para stakeholder demi terciptanya transportasi darat yang lebih aman, tertib, dan berkelanjutan bagi Indonesia. ( Heri M red ) 

    Terkini