• Jelajahi

    Copyright © indik.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kementerian BUMN dan Jasa Raharja Apresiasi Hadirnya Layanan SAMOLI di Samsat Kota Yogyakarta

    www.indik.id
    8/11/2025, 10:41 WIB Last Updated 2025-08-11T03:41:44Z

    Indik .id  Yogyakarta, 10 Agustus 2025 - Jumat di Samsat Kota Yogyakarta terasa berbeda.

    Deretan kendaraan warga yang datang tidak hanya untuk membayar pajak tahunan,

    tetapi juga untuk mengganti plat nomor lima tahunan. Semua itu berkat kehadiran

    Samsat Mobile Lima Tahunan (SAMOLI), sebuah inovasi layanan keliling yang

    memungkinkan penggantian plat kendaraan dilakukan di luar kantor Samsat induk.


    Kehadiran SAMOLI inilah yang menarik perhatian Kementerian BUMN dan Jasa

    Raharja. Dalam kunjungan dinas ke Kota Yogyakarta, Faturohman, Asisten Deputi

    Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan sekaligus Plt. Asisten Deputi Bidang

    Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN, melihat langsung proses

    pelayanan SAMOLI.


    Turut hadir Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja Rubi Handojo, Direktur Keuangan Jasa Raharja Bayu Rafisukmawan, Sekretaris Perusahaan Jasa Raharja Dodi Apriansyah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset DI Yogyakarta Wiyos Santoso, S.E., M.A., Kepala Kanwil Jasa Raharja Wilayah DI Yogyakarta

    Regy S. Wiaya, dan Kasubdit Regident Ditlantas Polda DI Yogyakarta Rini Anggraini.

    Faturohman tampak antusias saat mendengarkan penjelasan petugas tentang alur layanan dan manfaat yang dirasakan masyarakat.


    "SAMOLI adalah bukti nyata

    bahwa pelayanan publik bisa terus berinovasi untuk memberikan kemudahan. Kami

    berharap layanan ini menjadi contoh bagi provinsi lain, karena hingga saat ini

    SAMOLI adalah satu-satunya di Indonesia," ujarnya.


    SAMOLI merupakan terobosan penting dalam pelayanan administrasi kendaraan

    bermotor. Jika sebelumnya proses ganti plat lima tahunan hanya bisa dilakukan di

    kantor Samsat, kini masyarakat dapat melakukannya di layanan keliling yang lebih

    dekat dan praktis. Tidak hanya menghemat waktu dan biaya, SAMOLI juga membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak kendaraan.


    Bagi Jasa Raharja, keberadaan SAMOLI sejalan dengan misi perusahaan. Sebagai

    BUMN yang mengelola Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan

    (SWDKLLJ), Jasa Raharja memiliki kepentingan langsung terhadap kelancaran dan

    kemudahan layanan samsat. 


    Direktur Umum dan SDM Jasa Raharja Rubi Handojo menegaskan dukungan perusahaan terhadap inovasi ini.


    "Kami di Jasa Raharja percaya bahwa inovasi pelayanan publik adalah kunci untuk

    memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat. Kehadiran SAMOLI di

    Yogyakarta menjadi terobosan yang patut diapresiasi, dan kami siap berkolaborasi

    untuk memperluas penerapannya di daerah lain,"ujar Rubi.


    Rubi menambahkan, dukungan tersebut tidak hanya berupa kerja sama teknis, tetapi

    juga kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib

    administrasi kendaraan bermotor.


    Inovasi ini semakin memperkuat reputasi Yogyakarta sebagai daerah yang konsisten

    melahirkan gagasan segar di bidang pelayanan publik. Kolaborasi erat antara

    pemerintah daerah, kepolisian, dan BUMN menjadi kunci keberhasilan lahirnya

    SAMOLI. Bagi Jasa Raharja, inovasi ini adalah bukti bahwa pelayanan publik bisa

    adaptif, kreatif, dan berpihak kepada kebutuhan masyarakat. ( Heri M red ) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini